PENERAPAN STRATEGI SEGMENTATION, TARGETING, DAN POSITIONING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA BARU DI SMK MUHAMMADIYAH 1 JATINOM

Authors

  • NIKO PUTRANTO Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Author
  • Erry Setyo Prabowo Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Author
  • Suin Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Author

DOI:

https://doi.org/10.14420/8s6rqj78

Keywords:

Strategi Segmentation, Targeting dan Positioning

Abstract

NIKO PUTRANTO, NIM : I201500012 Judul Skripsi ”PENERAPAN STRATEGI SEGMENTATION, TARGETING DAN POSITIONING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA BARU DI SMK MUHAMMADIYAH 1 JATINOM”, Skripsi, Program Studi Administrasi Niaga, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani, Klaten, 2024. Pentingnya strategi pemasaran yang efektif dalam menarik siswa baru ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dengan tujuan mengetahui strategi Segmentation, Targeting dan Positioning di SMK Muhammadiyah 1 Jatinom. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Kemudian teknik yang digunakan purposive sampling. Setelah itu dilakukan analisis data terdiri dari empat tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menggunakan STP Marketing antara lain Segmentation ”calon siswa baru ekonomi kelas menengah ke bawah”. Targeting ”Calon siswa baru yang ingin setelah lulus siap kerja”. Positioning ”memberikan pengetahuan dan keterampilan keahlian serta pengetahuan dan keagamaan”. Peneliti menyampaikan saran meningkatkan kerjasama dan membangun kemitraan dengan perusahaan untuk program magang dan rekrutmen siswa setelah lulus.

Downloads

Published

2025-02-27

How to Cite

PENERAPAN STRATEGI SEGMENTATION, TARGETING, DAN POSITIONING DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA BARU DI SMK MUHAMMADIYAH 1 JATINOM. (2025). Fenomena , 4(02). https://doi.org/10.14420/8s6rqj78