PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN SECARA ONLINE DI ONLINE SHOP SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.14420/ha4mr221Keywords:
kualitas produk, keamanan, keputusan pembelian, kepercayaanAbstract
Sekarang perkembangan teknologi meningkat pesat. Hal ini berdampak dalam bisnis salah satunya adanya internet. Di Indonesia pengguna internet meningkat dan merupakan negara trending karena banyaknya toko online. Berdasarkan SimilarWeb kategori marketplace di Indonesia platform berbelanja secara online Tokopedia merupakan pasar online peringkat pertama yang mengalahkan Shopee. Dari fenomena yang terjadi, permasalahan yang menarik adalah bagaimana strategi Shopee agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen dan benar-benar menjadi platform belanja online peringkat pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji analisis. Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee. Pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee. Pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee. Pengaruh kualitas produk, kepercayaan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan studi komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee nilai t hitung 2,106, nilai signifikansi 0,038, koefisien regresi 0,125; (2) Kepercayaan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee nilai t hitung 5,685, nilai signifikansi 0,000, koefisien regresi 0,350; (3)Keamanan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee nilai t hitung 5,175, nilai signifikansi 0,000, koefisien regresi 0,623; (4)Secara simultan kualitas produk, kepercayaan, dan keamanan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen secara online di online shop Shopee nilai signifikansi 0,000 dan F hitung 71,040.