EFEKTIVITAS BLOGGER MELALUI INTERNET SEBAGAI SARANA PENYEBARAN INFORMASI DAN PROMOSI PADA KOPI BALERANTE KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN

Authors

  • Laura Frahma Hapsarani Suwandana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Klaten Author

DOI:

https://doi.org/10.14420/ead2c489

Keywords:

Blogger, Penyebaran Informasi, Promosi

Abstract

Perkembangan barang dan jasa menuntut para pelaku usaha untuk memanfaatkan media digital guna mengembangkan usahanya. Pemasaran digital kini tengah diupayakan sebagai alternatif masa depan yang keberadaannya berangsur-angsur mulai menggeser metode pemasaran lainnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas blogger dalam pemanfaatan internet sebagai sarana penyebaran informasi dan promosi yang dilakukan produsen Kopi Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten.

Metode penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terhadap produsen Kopi Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten, observasi secara langsung terhadap obyek tertentu yang menjadi fokus penelitian serta mencatat segala sesuatu yang berhubungan dengan penyebaran informasi dan promosi Kopi Balerante Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten dan dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data.

Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa faktor penyebaran informasi Kopi Balerante efektif berasal dari data pengunjung blogger Kopi Balerante. Pada penggunaan blogger sudah dilakukan secara menyeluruh dimana informasi yang disampaikan terdapat foto produk, harga dan distribusi dari produk Kopi Balerante. Sedangkan untuk promosi Kopi Balerante, bauran promosi (Promotion Mix) yang digunakan yaitu Pemasaran interaktif online salah satunya adalah blogger. Promosi sudah dilakukan secara baik karena dapat menjadi media promosi yang efektif dan efisien. Adapun saran bagi produksi Kopi Balerante yaitu dapat mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan media sosial lainnya selain blogger, seperti Shopee, Tokopedia dan toko online lainnya.

Downloads

Published

2021-09-01

How to Cite

EFEKTIVITAS BLOGGER MELALUI INTERNET SEBAGAI SARANA PENYEBARAN INFORMASI DAN PROMOSI PADA KOPI BALERANTE KECAMATAN KEMALANG KABUPATEN KLATEN. (2021). Fenomena , 1(1), 76-95. https://doi.org/10.14420/ead2c489