PENANGANAN TRAUMA PASCA BENCANA DI KABUPATEN KLATEN

Authors

  • Nur Tjahjono Suharto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Klaten Author

DOI:

https://doi.org/10.14420/8zr1k644

Keywords:

Metode Bermain, Trauma Anak, Pasca Bencana

Abstract

Dalam kejadian bencana alam maupun social, tidak jarang anak-anak menjadi korban psikologis diantaranya terkena stress karena factor lingkungan social. Oleh karena itu diperlukan penanganan khusus untuk mengembalikan kondisi anak pada kondisi normal (sebelum terjadi bencana).

Penelitian dengan metode Single Case Research ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Metode Bermain dapat digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan trauma anak pasca bencana di Kabupaten Klaten. Tempat penelitian adalah di Kecamatan Cawas, Juwiring, Wonosari dan Bayat yang merupakan wilayah terdampak banjir, angin putting beliung, longsor dan gempa bumi. Waktu penelitian dari bulan November sampai dengan Maret, karena pada periode ini adalah masa tingginya curah hujan dan seringnya terjadi bencana angin putting beliung.

Penelitian dengan metode Single Case Research ini menunjukkan bahwa Metode Bermain dapat mengurangi dan menghilangkan trauma pada anak yang terkena dampak bencana alam. Dari ketiga anak yang diteliti dengan melalui eksperimen menunjukkan bahwa mereka dapat mengurangi trauma yang dialami secara signifikan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa peran keluarga atau orang terdekat sangat berpengaruh terhadap pemulihan perilaku anak. Dukungan dan pengertian membuat mereka bisa melupakan kesedihannya.

Downloads

Published

2021-09-01

How to Cite

PENANGANAN TRAUMA PASCA BENCANA DI KABUPATEN KLATEN. (2021). Fenomena , 1(1), 61-75. https://doi.org/10.14420/8zr1k644