STRATEGI PEMASARAN PROGRAM UMROH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN JUMLAH JAMAAH UMROH PADA PT JGRUP AMANAH WISATA KABUPATEN CILACAP
DOI:
https://doi.org/10.14420/pghea639Keywords:
Strategi pemasaran, Umroh dan Peningkatan JamaahAbstract
Umroh merupakan ibadah umat islam dilakukan dengan cara mengunjungi Baitulloh. Dalam penyelenggaraanya umroh di Indonesia diselenggarakan oleh pihak swasta yang diatur oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Pihak swasta yang kemudian disebut PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh) atau sering disebut travel agen haji dan umroh. Dalam menjalankan tugasnya PPIU perlu strategi pemasaran, tujuan supaya dapat bersaing dengan sesama travel agen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode analisis deskriptif. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk, harga dan cara promosi. Data diperoleh dengan metode wawancara yang meliputi teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Wawancara, observasi dan dokumentasi dengan metode purposive sampling dilakukan kepada manajer bagian pemasaran, staf bagian pemasaran dan jamaah yang sudah memakai jasa PT. Jgrup Amanah Wisata. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan jumlah jamaah umroh dipengaruhi oleh produk, harga dan cara promosi PT. Jgrup Amanah Wisata. PT. Jgrup Amanah Wisata melakukan upaya peningkatan jumlah jamaah umroh melalui promosi media offline dan online. Promosi melalui media offline yaitu dengan cara membagikan brosur, pamflet dan marchandaise. Hal yang kekinian yaitu promosi produk melalui media online melalui grup-grup whatsapp, Facebook Ads, Youtube Ads dan Instagram Ads.Peningkatan jumlah jamaah umroh yang menggunakan jasa PT. Jgrup Amanah Wisata menandakan bahwa pengaruh inovasi dari kualitas produk, harga produk dan cara promosi/strategi pemasaranya telah berhasil dijalankan.