MONITORING DAN EVALUASI PELAYANAN PUBLIK PADA PROGRAM SAMSAT KELILING DI KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN

Authors

  • Ika Putri Fitriyani STIA MADANI Author
  • Tri Mardiana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Madani Author

DOI:

https://doi.org/10.14420/arb28f56

Keywords:

Pelayanan Publik, Monitoring dan Evaluasi, Samsat Keliling, Efektivitas, Efisiensi, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Pelayanan publik merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan lembaga birokrasi publik guna melayani berbagai kebutuhan masyarakat. Penelitian ini berfokus pada monitoring dan evaluasi pelayanan publik Program Samsat Keliling di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas, efisiensi, dan kepuasan masyarakat terhadap program tersebut. Dengan metode pendekatan kualitatif melalui observasi dan wawancara dengan masyarakat pengguna layanan serta petugas terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Samsat Keliling di Kecamatan Gantiwarno telah meningkatkan kualitas fisik dan visual layanan, yang meliputi fasilitas, peralatan, dan penampilan petugas. Pelayanan dinilai reliabel dengan kecepatan dan ketepatan yang memadai, responsif terhadap permintaan dan keluhan masyarakat, serta mampu memberikan jaminan melalui kebersihan dan kesigapan petugas. Empati yang ditunjukkan oleh petugas juga menciptakan hubungan baik dengan masyarakat. Namun, hambatan seperti jaringan yang tidak stabil dan waktu layanan yang terbatas masih perlu diperhatikan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan infrastruktur teknologi dan penambahan jam layanan serta pelatihan berkelanjutan bagi petugas untuk mempertahankan dan meningkatkan standar pelayanan.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

MONITORING DAN EVALUASI PELAYANAN PUBLIK PADA PROGRAM SAMSAT KELILING DI KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN. (2024). Fenomena , 4(01). https://doi.org/10.14420/arb28f56